Jumat, 30 Januari 2015

FLUIDA STATIS

Fluida Statis

FLUIDA STATIS
FLUIDA TAK BERGERAK


Fluida adalah zat yang dapat mengalir dan memberi sedikit hambatan terhadap perubahan bentuk ketika mengalami tekanan. Yang termasuk fluida adalah zat cair dan gas.

Dalam fluida, konsep tekanan memegang peranan penting. Fluida akan bergerak atau mengalir karena adanya perbedaan tekanan pada 2 bagian yang berbeda dalam fluida.  
Tekanan pada sebuah permukaan :
  


dengan , p = tekanan (N/m² atau Pa)

F = gaya pada permukaan (N)

A = luas penampang (m²)



Satuan tekanan juga dapat dinyatakan dalam :

1 N/m² = 1 pascal (Pa)

1 atm = 76 cmHg = 1,013 x 105 Pa

= 1,013 bar

Tekanan di dalam zat cair disebabkan oleh adanya gaya gravitasi yang bekerja pada tiap bagian zat cair, besar tekanan itu bergantung pada kedalaman, makin dalam letak suatu bagian zat ,maka makin besar tekanan pada bagian itu.

Tekanan di dalam fluida tak bergerak yang diakibatkan oleh adanya gaya gravitasi disebut tekanan hidrostatika.


dengan,

Ph = tekanan hidrostatika (N/m2 = Pa)

= massa jenis fluida (kg/m3)
g = percepatan gravitasi (m/s2)
h = kedalaman fluida (m)
Hukum pokok hidrostatik  :


Semua titik yang terletak pada suatu bidang datar di dalam zat cair yang sejenis memiliki tekanan yang sama. Tekanan di suatu titik di dalam suatu fluida yang sebenarnya disebut tekanan absolut, dengan rumus :
Po = tekanan atmosfer atau tekanan udara luar
HUKUM PASCAL
HUKUM PASCAL dikemukakan oleh Blaise Pascal seorang ilmuwan Perancis yang berbunyi, tekanan yang diadakan dari luar kepada zat cair yang ada di dalam ruangan tertutup akan diteruskan oleh zat cair itu ke segala arah dengan sama rata.


F1 dan F2 = gaya yang bekerja pada penampang (N)
A1 dan A2 = luas penampang (m2) 

CONTOH SOAL  :
1.Jika massa jenis air laut 1300 kg/ m³ dan Po = 2,5.105 N/m2. Berapakah tekanan mutlak pada kedalaman 400 m dari permukaan laut?
2.Seorang anak mengisi ember dengan air sampai penuh. Sepotong kayu yang massanya 200 gram dicelupkan sampai kedalaman 20 cm. Jika massa jenis air pada ember sebesar 1000 kg/m³. Tentukan tekanan hidrostatis yang bekerja pada kayu sebesar?
3.Sebuah bejana berisi alkohol dengan volume 1 liter dan massa jenisnya 0,8 gr/cm³. Jika luas alas bejana 50 cm² dan percepatan gravitasi 9,8 m/s². Tentukan tekanan hidrostatik pada dasar bejana !
4.Piston besar pada pengangkat hidrolik mempunyai penampang berbentuk lingkaran yang jari-jarinya 20 cm. Berapakah besar gaya yang harus diberikan pada piston kecil yang jari-jarinya 2 cm agar dapat mengangkat mobil yang masanya 1500 kg? (g = 9,8 m/s2)
Penyelesaian Soal :

1.p = po + r.g.h
= 2,5.105 + 1300. 10. 400
= 2,5.105 + 5,2.106
= 5,45.106 N/m² 
 
2.p = r.g.h
= 1000. 10. 0,2
= 2. 103 N/m²
3.V = 1 liter = 1 dm³ = 10-3 m³
ρ = 0,8 gr/cm³ = 800 kg/m³
A = 50 cm² = 5 .10-3 m²

p = ρ g h 
= 800. 9,8. 0,2
= 1568 Pa
4.w = F2 = m2.g 
F2 = 1500 x 9,8 = 14.700 N 
r1 = 2 cm ; r2 = 20 cm


F2 = 147 N
LATIHAN SOAL :

KERJAKAN SOAL-SOAL DI BAWAH INI DENGAN BENAR!

1.Sebuah kolam renang kedalamannya 1,8 m. Tekanan udara saat itu 1 atm. Jika massa jenis air 1000 kg/m3 dan g = 10 m/s2, maka tentukan :
a.tekanan hidrostatik di dasar kolam
b.tekanan mutlak di dasar kolam
2.Bejana berhubungan memiliki luas penampang 15 cm2 dan 500 cm2. Jika pada penampang kecil ditekan dengan gaya 10 N. Tentukan massa beban yang dapat diangkat pada penampang besar!
3.Pada pesawat penekan hidrolik, luas penampang bejana kecil 25 cm2 sedangkan luas penampang bejana besar 0,5 m2. Bila gaya penekanan yang diberikan pada bejana kecil 100 N. Tentukan berat beban yang dapat diangkat pada bejana besar!
4.Kempa hidrolik memiliki perbandingan diameter pengisap 1 : 40. Apabila pada penghisap besar dimuati mobil 32 000 N. Tentukan gaya penghisap kecil!
HUKUM ARCHIMEDES 
berbunyi, sebuah benda yang tercelup sebagian atau seluruhnya ke dalam zat cair akan mengalami gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkan
Sebuah balok dengan tinggi H dan mengalami tekanan yang arahnya ke atas, maka berlaku persamaan :
p = po + ρ g (h+H)
•jika pada sisi atas balok mengalami gaya yg arahnya ke bawah, maka berlaku persamaan :
F1 = p1 A = (po + ρgh) A
•jika pada sisi bawah balok mengalami gaya yg arahnya ke bawah, maka berlaku persamaan :
F2 = p2 A = (po + ρg(h+H)) A
•karena sisi bawah balok letaknya lebih dalam daripada sisi atasnya maka F2 > F1 dan selisih antara keduanya disebut gaya ke atas :
Fa = F2 – F1
Fa = (po + ρg(h+H))A – (po + ρgh)A
= (po + ρgh + ρgH)A – (po + ρgh)A
= ρg H A
Ket.   Fa = gaya ke atas (N)                         ρ = massa jenis fluida (kg/m³)
          V = volume benda yg. tercelup (m³)  g = percepatan gravitasi (m/s²)

Berdasarkan hukum I Newton dan hukum Archimedes bisa ditentukan syarat sebuah benda untuk terapung, tenggelam dan melayang di dalam suatu fluida.
a.Terapung
Syarat benda terapung :
•Hanya sebagian volum benda yang tercelup di dalam fluida sehingga volum fluida yang dipindahkan lebih kecil dari volum total benda yang mengapung.
Karena maka 
b.Melayang
•Volume fluida yang dipindahkan (volume benda yang tercelup) sama dengan volume total benda yang melayang.

Karena  maka 
c.Tenggelam 
•Volume benda yang tercelup di dalam fluida sama dengan volum total benda yang mengapung, namun benda bertumpu pada dasar bejana sehingga ada gaya normal dasar bejana pada benda sebesar N.

Karenamaka
CONTOH SOAL  :

1.Berat benda saat ditimbang di udara adalah 30 N. Jika ditimbang di dalam air beratnya menjadi 22,5 N dan jika ditimbang dalam suatu cairan lain beratnya menjadi 11,25 N. Tentukan massa jenis cairan tersebut !
2.Sebuah bola dengan volume 32 cm² mengapung dipermukaan air dengan setengah bagian di bawah permukaan air. Jika massa jenis air adalah 1000 kg/m³, berapakah massa bola ?
3.Sebuah balok kayu yang massa jenisnya 800 kg/m³ mengapung pada permukaan air. Jika selembar alumunium (massa jenis 2.700 kg/m³) bermassa 54 gr dikaitkan pada balok itu, maka sistem akan bergerak kebawah dan akhirnya melayang didalam air. Berapa cm³ volum balok kayu itu? 

Penyelesaian Soal :
1.wu = 30 N

wa = 22,5 N

wf = 11,25 N

Gaya ke atas di air :

Fa = wu – wa

= 30 – 22,5 = 7,5 N

Fa = ρa.g.V

7,5 = 1000.10.V

V =

Gaya ke atas di fluida :
Fa’ = wu – wf
= 30 – 11,25 = 18,75 N 
Fa’ = ρf.g.V
18,75 = ρf.10.7,5.10-4
18,75 = 7,5.10-3.ρf
ρf = =2,5.103 kg/m³

2. Vb = 32 cm³ = 3,2.10-5 m³
Vt = ½ Vb = 1,6.10-5 m³
Fa = w
ρf.g.Vt = m.g
ρf.Vt = ρb.Vb
ρb =








mb = ρb.Vb
= 500.3,2.10-5
= 1,6.10-2 kg
3.ρk = 800 kg/m³
ρal = 2700 kg/m³
mal = 54 gr = 0,054 kg
massa jenis rata-rata ρb untuk gabungan balok kayu dan lembaran alumunium adalah :
ρb rata2 



PENERAPAN HUKUM ARCHIMEDES
(Fisikanesia). Hukum Archimedes adalah salah satu hukum mendasar dalam fisika. Hukum ini berbicara tentang gaya ke atas yang di alami oleh sebuah benda ketika dimasukkan ke dalam air. Berikut ini, contoh penerapan hukum Archimedes dalam Teknologi, selamat menyimak:
Kapal Laut
Pernahkah terpikir oleh anda, mengapa kapal laut yang besar dan berat serta terbuat dari besi dapat mengapung dl atas air? Akan tetapi, sebuah paku yang kecil dan massanya lebih ringan dibandingkan kapal laut akan tenggelam jika dijatuhkan ke dalam air? Kapal laut dapat mengapung di permukaan air karena adanya rongga di dalam tubuh kapal. Rongga ini berisi udara sehingga mampu memindahkan volume air yang cukup besar, Oleh karena volume air yang dipindahkan cukup besar, kapal akan mendapat gaya tekan ke atas yang menyamai berat kapal. Gaya ke atas ini mampu rnenahan kapal laut tetap berada di permukaan air. Sebuah paku yang kecil rnendapat gaya ke atas yang lebih kecil daripada berat paku sehingga paku tenggelam.
Kapal Selam

Kapal selam adalah salah satu jenis kapal laut yang dapat mengapung, melayang, dan tenggelam. Kapal selam menggunakan prinsip yang sama dengan kapal laut ketika mengapung di permukaan laut. Pada kapal selam terdapat rongga yang terletak di antara lambung dalam dan lambung luar. Rongga ini memiliki katup di bagian atas dan bagian bawahnya. Rongga ini berfungsi sebagai jalan keluar masuk udara dan air. Pada saat mengapung di permukaan air, rongga ini hanya berisi sedikit air laut sedemikian rupa hingga gaya ke atas oleh air laut lebih besar dibandingkan gaya berat kapal. Apabila kapal selam akan melayang di dalarn air, katup yang ada di bagian bawah kapal akan dibuka sehingga air laut masuk ke rongga. Demikian pula halnya dengan katup di bagian atas. Katup tersebut akan terbuka untuk mengeluarkan udara. Air yang diisikan ke dalam rongga tidaklah penuh, narnun diusahakan agar gaya berat kapal dan gaya ke atas air laut sama besar sehingga kapal dapat melayang. Supaya kapal dapat tenggelam, rongga ini harus ditambahkan air.
Hidrometer

Hidrometer adalah sebuah alat yang berbentuk tabung kaca yang alasnya diberi timbal.Hidrometer berfungsi untuk menentukan massa jenis atau kepekatan suatu zat cair.  Pada bagian atas tabung kaca ini terdapat garis-garis skala. Cara penggunaannya adalah dengan mencelupkan hidrometer ke dalam zat cairo Di dalam zat cair, hidrometer akan mengapung karena adanya gaya ke atas oleh zat cairo Kedalaman hidrometer berbeda-beda bergantung pada jenis zat cair. Apabila massa jenis zat cair semakin besar, tangkai hidrometer yang terlihat muncul dari permukaan zat cair semakin panjang. Sebaliknya, apabila massa jenis zat cair semakin kecil, tangkai hidrometer yang terlihat pada permukaan zat cair semakin pendek.
Massa jenis yang diukur merupakan massa jenis relatif. Massa jenis relatif adalahperbandingan antara massa jenis zat cair yang diukur dan massa jenis air. Hidrometer sering digunakan untuk mengukur massa jenis air aki mobil.
Balon Udara

Pernahkah anda melihat balon karet melayang di udara? Balon karet atau lebih dikenal balon gas sangat akrab bagi anak -anak kecil. Balon gas dapat melayang di udara karena berisi gas helium atau hidrogen yang massa jenisnya lebih ringan daripada udara. Balon gas yang sangat besar disebut balon udara. Balon udara dapat melayang di udara karena berisi gas yang memiliki massa jenis yang lebih kecil daripada massa jenis udara. Gas ini adalah udara panas. Jadi, ketika awak balon udara hendak menerbangkan balonnya, ia harus menambahkanudara panas ke dalam balon. Jika balon udara sudah mencapai ketinggian yang dikehendaki. udara panas dikurangi sehingga gaya ke atas sarna dengan berat balon. Jika ingin turon, gaya ke atas harus lebih kecil daripada berat balon udara. yaitu dengan mengurangi udara panas. Jadi, udara merniliki sifat yang ama dengan zat cairo Semakin besar volume udara yang dipindabkan balon udara, semakin besar pula gaya ke atas udara terhadap balon. Be amya volume udara yang dipindahkan bergantung pada ukuran balon. 

Fluida Statis: Tegangan Permukaan dan Kapilaritas

Tegangan Permukaan
Pernahkah kamu melihat nyamuk diam diatas permukaan air? atau pernahkah melihat air di daun talas membuat bulatan-bulatan air seolah tak bersatu dengan daun talas? atau mungkin sering melihat tetesan air yang bulat dari kran air? Semua itu merupakan contoh kehidupan sehari-hari dari tegangan permukaan cairan.

Kalau begitu apa yang dimaksud dengan tegangan permukaan? 
Tegangan Permukaan merupakan gaya yang diakibatkan oleh suatu benda yang bekerja pada permukaan zat cair sepanjang permukaan yang menyentuh benda itu. egangan permukaan zat cair diakibatkan karena gaya yang bekerja pada zat cair tersebut.
Dalam keadaan diam, permukaan zat cair akan membuat gaya tarik ke segala arah, kecuali ke atas. Hal itulah yang menyebabkan adanya tegangan permukaan.

Oleh karena itu tegangan permukaan memiliki persmaan sebagai berikut:

Y = F/d
dimana d = 2L
Sehingga Y = F/2L

Keterangan:
Y = Tegangan Permukaan  (N/m)
F = Gaya (N)
L = Panjang (m)
d = tempat dimana gaya itu bekerja

Penjelasan Aplikasi Tegangan Permukaan dalam kehidupan sehari-hari:
tegangan permukaan pada klip
gambar: wikipedia
Tegangan permukaan berhubungan dengan peristiwa yang disebut kohesi (gaya tarik menarik antara molekul sejenis) dan adhesi (gaya tarik menarik antara molekul tidak sejenis). Lihatlah klip kertas diatas yang berada diatas air dan tidak tenggelam meskipun memiliki massa jenis lebih besar dibandingkan dengan massa jenis air.
tegangan permukaan pada serangga
gambar: wikipedia
Dalam sebagian besar cairansetiap molekul ditarik merata ke segala arah oleh molekul cairan tetangganya, menghasilkan gaya total dari nol 

Molekul-molekul di permukaan tidak memiliki molekul lain di semua sisinya danoleh karena itu ditarik ke dalam 

Hal ini menciptakan beberapa tekanan internal dan memaksa permukaan cair untuk kontraksi ke daerah disekitar.
 
tegangan permukaan pada daun
gambar: wikipedia
Tegangan permukaanpun bertanggung jawab atas bentuk tetesan cairanMeskipun mudah cacattetesan air cenderungditarik ke dalam bentuk bola dengan kekuatan kohesif dari lapisan permukaan. 

Dengan tidak adanya kekuatan laintermasuk gravitasi, tetes hampir semuacairan akan berbentuk bulat sempurnaBentuk bulat meminimalkan"ketegangan dindingyang diperlukan dari lapisan permukaan sesuai dengan hukum Laplace.

Kapilaritas
Peristiwa kapilaritas adalah naik turunnya permukaan zat cair melalui pipa kapiler. kapilaritas terjadi karenagaya kohesi dari tegangan permukaan dan gaya adhesi antara zat cair dan tabung kaca.

kapilaritas pada pipa kapiler
Seperti sebuah barometer dengan pipa kapiler yang sebagian diisi dengan air raksa, dan sebagian lagi rruang hampa udara (vakum). Perhatikan bahwa ketinggian air raksa di pusat tabung lebih tinggi dari pada tepi, membuat permukaan atas dari raksa berbentuk kubah. Pusat massa dari seluruh kolom air raksa akan sedikit lebih rendah jika permukaan atas raksa yang datar selama crossection seluruh tabung. 
Namun dengan berbentuk kubah memberikan luas permukaan sedikit kurang untuk seluruh massa raksa. Hal ini berguna untuk meminimalkan energi potensial total. Bentuk permukaan kubah diatas dikenal sebagai meniskus cembung. Jika sudut kontak antara cairan dengan tabung kapiler lebih dari 90 derajat maka bentuk permukaan cairan tertekan ke bawah yang disebut meniskus cekung. Perhatikan gambar di bawah ini:

pipa kapiler
warna merah sudut kontak kurang dari 90 derajat, warna biru sudut lebih dari 90 derajat, (wikipedia)
Adapun rumus/persamaan menghitung tinggi rendahnya atau naik turunnya permukaan zat cair pada pipa kapiler adalah:

rumus kapilaritas

Keterangan:
\scriptstyle h = tinggi permukaan zat cair (m) \scriptstyle \gamma_\mathrm{la} = tegangan permukaan (N/m) \scriptstyle \rho = massa jenis zat cair (kg/m^3) \scriptstyle r = jari-jari (m) \scriptstyle g = percepatan gravitasi (m/s^2) \scriptstyle \theta = sudut kontak. Jika \scriptstyle \theta lebih besar dari 90°, cairan akan tertekan kebawah membentuk meniskus cekung.

Fluida Dinamis

Fisikastudycenter.com- Contoh Soal dan Pembahasan tentang Fluida Dinamis, Materi Fisika kelas 2 SMA. Mencakup debit, persamaan kontinuitas, Hukum Bernoulli dan Toricelli dan gaya angkat pada sayap pesawat.


Rumus Minimal

Debit
Q = V/t
Q = Av
Keterangan :
Q = debit (m3/s)
V = volume (m3)
t = waktu (s)
A = luas penampang (m2)
v = kecepatan aliran (m/s)
1 liter = 1 dm3 = 10−3 m3

Persamaan Kontinuitas
Q1 = Q2
A1v1 = A2v2

Persamaan Bernoulli
P + 1/2 ρv2 + ρgh = Konstant
P1 + 1/2 ρv12 + ρgh1 = P2 + 1/2 ρv22 + ρgh2

Keterangan :
P = tekanan (Pascal = Pa = N/m2)
ρ = massa jenis cairan (kg/m3)
g = percepatan gravitasi (m/s2)

Tangki Bocor Mendatar
v = √(2gh)
X = 2√(hH)
t = √(2H/g)

Keterangan :
v = kecepatan keluar cairan dari lubang
X = jarak mendatar jatuhnya cairan
h = jarak permukaan cairan ke lubang bocor
H = jarak tempat jatuh cairan (tanah) ke lubang bocor
t = waktu yang diperlukan cairan menyentuh tanah

Soal No. 1
Ahmad mengisi ember yang memiliki kapasitas 20 liter dengan air dari sebuah kran seperti gambar berikut!



Jika luas penampang kran dengan diameter D2 adalah 2 cm2 dan kecepatan aliran air di kran adalah 10 m/s tentukan:
a) Debit air
b) Waktu yang diperlukan untuk mengisi ember

Pembahasan
Data :
A2 = 2 cm2 = 2 x 10−4 m2
v2 = 10 m/s

a) Debit air
Q = A2v2 = (2 x 10−4)(10)
Q = 2 x 10−3 m3/s

b) Waktu yang diperlukan untuk mengisi ember
Data :
V = 20 liter = 20 x 10−3 m3
Q = 2 x 10−3 m3/s
t = V / Q
t = ( 20 x 10−3 m3)/(2 x 10−3 m3/s )
t = 10 sekon

Soal No. 2
Pipa saluran air bawah tanah memiliki bentuk seperti gambar berikut!



Jika luas penampang pipa besar adalah 5 m2 , luas penampang pipa kecil adalah 2 m2 dan kecepatan aliran air pada pipa besar adalah 15 m/s, tentukan kecepatan air saat mengalir pada pipa kecil!

Pembahasan
Persamaan kontinuitas
A1v1 = A2v2
(5)(15) = (2) v2
v2 = 37,5 m/s

Soal No. 3
Tangki air dengan lubang kebocoran diperlihatkan gambar berikut!



Jarak lubang ke tanah adalah 10 m dan jarak lubang ke permukaan air adalah 3,2 m. Tentukan:
a) Kecepatan keluarnya air
b) Jarak mendatar terjauh yang dicapai air
c) Waktu yang diperlukan bocoran air untuk menyentuh tanah

Pembahasan
a) Kecepatan keluarnya air
v = √(2gh)
v = √(2 x 10 x 3,2) = 8 m/s

b) Jarak mendatar terjauh yang dicapai air
X = 2√(hH)
X = 2√(3,2 x 10) = 8√2 m

c) Waktu yang diperlukan bocoran air untuk menyentuh tanah
t = √(2H/g)
t = √(2(10)/(10)) = √2 sekon

Soal No. 4
Untuk mengukur kecepatan aliran air pada sebuah pipa horizontal digunakan alat seperti diperlihatkan gambar berikut ini!



Jika luas penampang pipa besar adalah 5 cm2 dan luas penampang pipa kecil adalah 3 cm2 serta perbedaan ketinggian air pada dua pipa vertikal adalah 20 cm tentukan :
a) kecepatan air saat mengalir pada pipa besar
b) kecepatan air saat mengalir pada pipa kecil

Pembahasan
a) kecepatan air saat mengalir pada pipa besar
v1 = A2√ [(2gh) : (A12 − A22) ]
v1 = (3) √ [ (2 x 10 x 0,2) : (52 − 32) ]
v1 = 3 √ [ (4) : (16) ]
v1 = 1,5 m/s

Tips :
Satuan A biarkan dalam cm2 , g dan h harus dalam m/s2 dan m. v akan memiliki satuan m/s.

b) kecepatan air saat mengalir pada pipa kecil
A1v1 = A2v2
(3 / 2)(5) = (v2)(3)
v2 = 2,5 m/s

Soal No. 5
Pipa untuk menyalurkan air menempel pada sebuah dinding rumah seperti terlihat pada gambar berikut! Perbandingan luas penampang pipa besar dan pipa kecil adalah 4 : 1.



Posisi pipa besar adalah 5 m diatas tanah dan pipa kecil 1 m diatas tanah. Kecepatan aliran air pada pipa besar adalah 36 km/jam dengan tekanan 9,1 x 105 Pa. Tentukan :
a) Kecepatan air pada pipa kecil
b) Selisih tekanan pada kedua pipa
c) Tekanan pada pipa kecil
air = 1000 kg/m3)

Pembahasan
Data :
h1 = 5 m
h2 = 1 m
v1 = 36 km/jam = 10 m/s
P1 = 9,1 x 105 Pa
A1 : A2 = 4 : 1

a) Kecepatan air pada pipa kecil
Persamaan Kontinuitas :
A1v1 = A2v2
(4)(10) = (1) (v2)
v2 = 40 m/s

b) Selisih tekanan pada kedua pipa
Dari Persamaan Bernoulli :
P1 + 1/2 ρv12 + ρgh1 = P2 + 1/2 ρv22 + ρgh2
P1 − P2 = 1/2 ρ(v22 − v12) + ρg(h2 − h1)
P1 − P2 = 1/2(1000)(402 − 102) + (1000)(10)(1 − 5)
P1 − P2 = (500)(1500) − 40000 = 750000 − 40000
P1 − P2 = 710000 Pa = 7,1 x 105 Pa

c) Tekanan pada pipa kecil
P1 − P2 = 7,1 x 105
9,1 x 105 − P2 = 7,1 x 105
P2 = 2,0 x 105 Pa

Soal No. 6
Sebuah pipa dengan diameter 12 cm ujungnya menyempit dengan diameter 8 cm. Jika kecepatan aliran di bagian pipa berdiameter besar adalah 10 cm/s, maka kecepatan aliran di ujung yang kecil adalah....
A. 22,5 cm/s
B. 4,4 cm/s
C. 2,25 cm/s
D. 0,44 cm/s
E. 0,225 cm/s
(Soal UAN Fisika 2004) 

Pembahasan
Data soal:
D1 = 12 cm
D2 = 8 cm
v1 = 10 cm/s
v2 = ........

Rumus menentukan kecepatan diketahui diameter pipa



sehingga



Soal No. 7
Perhatikan gambar!



Jika diameter penampang besar dua kali diameter penampang kecil, kecepatan aliran fluida pada pipa kecil adalah....
A. 1 m.s−1
B. 4 m.s−1
C. 8 m.s−1
D. 16 m.s−1
E. 20 m.s−1
(UN Fisika SMA 2012 A86)

Pembahasan
Persamaan kontinuitas
Data soal:
V1 = 4
D1 = 2
D2 = 1
V2 =...?

Soal No. 8
Sebuah pesawat dilengkapi dengan dua buah sayap masing-masing seluas 40 m2. Jika kelajuan aliran udara di atas sayap adalah 250 m/s dan kelajuan udara di bawah sayap adalah 200 m/s tentukan gaya angkat pada pesawat tersebut, anggap kerapatan udara adalah 1,2 kg/m3!

Pembahasan
Gaya angkat pada sayap pesawat:



dimana:
A = luas total penampang sayap
ρ = massa jenis udara
νa = kelajuan aliran udara di atas sayap
νb = kelajuan aliran udara di bawah sayap
F = gaya angkat pada kedua sayap

Data soal:
Luas total kedua sayap
A = 2 x 40 = 80 m2
Kecepatan udara di atas dan di bawah sayap:
νa = 250 m/s
νb = 200 m/s
Massa jenis udara
ρ = 1,2 kg/m3
F =.....



Soal No. 9
Gaya angkat yang terjadi pada sebuah pesawat diketahui sebesar 1100 kN.



Pesawat tersebut memiliki luas penampang sayap sebesar 80 m2. Jika kecepatan aliran udara di bawah sayap adalah 250 m/s dan massa jenis udara luar adalah 1,0 kg/m3 tentukan kecepatan aliran udara di bagian atas sayap pesawat!

Pembahasan
Data soal:
A = 80 m2
νb = 250 m/s
ρ = 1,0 kg/m3
F = 1100 kN = 1100 000 N
νa =......



Kecepatan aliran udara di atas sayap pesawat adalah 300 m/s
Soal No. 10
Sebuah bak penampung air diperlihatkan pada gambar berikut. Pada sisi kanan bak dibuat saluran air pada ketinggian 10 m dari atas tanah dengan sudut kemiringan α°.



Jika kecepatan gravitasi bumi 10 m/s2 tentukan:
a) kecepatan keluarnya air
b) waktu yang diperlukan untuk sampai ke tanah
c) nilai cos α
d) perkiraan jarak jatuh air pertama kali (d) saat saluran dibuka
(Gunakan sin α = 5/8 dan √39 = 6,24)

Pembahasan
a) kecepatan keluarnya air
Kecepatan keluarnya air dari saluran:



b) waktu yang diperlukan untuk sampai ke tanah
Meminjam rumus ketinggian dari gerak parabola, dari situ bisa diperoleh waktu yang diperlukan air saat menyentuh tanah, ketinggian jatuhnya air diukur dari lubang adalah − 10 m.



c) nilai cos α
Nilai sinus α telah diketahui, menentukan nilai cosinus α



d) perkiraan jarak jatuh air pertama kali (d) saat saluran dibuka
Jarak mendatar jatuhnya air

Hukum Bernoulli Dan Penerapannya

Penemu Hukum Bernoulli

Asas Bernoulli dikemukakan pertama kali oleh Daniel Bernoulli (1700±1782). DanielBernoulli lahir di Groningen, Belanda pada tangga l8 Februari 1700 dalam sebuah keluarga yang hebat dalam bidang matematika. Dia dikatakan memiliki hubungan buruk dengan ayahnya yaitu Johann Bernoulli, setelah keduanya bersaing untuk juara pertama dalam kontes ilmiah di Universitas Paris. Johann, tidak mampu menanggung malu harus bersaing dengan anaknya sendiri. Johann Bernoulli juga menjiplak beberapa idekunci dari buku Daniel, Hydrodynamica dalam bukunya yang berjudul Hydraulica yang diterbitkan lebih dahulu dari buku Hydrodynamica. Dalam kertas kerjanya yang berjudul Hydrodynamica, Bernoulli menunjukkan bahwa begitu kecepatan aliran fluida meningkat maka tekanannya justru menurun. Pada saat usia sekolah, ayahnya, Johann Bernoulli, mendorong dia untuk belajar bisnis. Namun, Daniel menolak, karena dia ingin belajar matematika. Ia kemudian menyerah pada keinginan ayahnya dan bisnis dipelajarinya. Ayahnya kemudian memintanya untuk belajar dikedokteran, dan Daniel setuju dengan syarat bahwa ayahnya akan mengajarinya matematika secara pribadi.

Prinsip Bernoulli
Prinsip Bernoulli adalah sebuah istilah di dalam mekanika fluida yang menyatakan bahwa pada suatu aliran fluida, peningkatan pada kecepatan fluida akan menimbulkan penurunan tekanan pada aliran tersebut. Prinsip  ini sebenarnya merupakan penyederhanaan dari Persamaan Bernoulli yang menyatakan bahwa jumlah energi pada suatu titik di dalam suatu aliran tertutup sama besarnya dengan jumlah energi di titik lain pada jalur aliran yang sama. Prinsip ini diambil dari nama ilmuwan Belanda/Swiss yang bernama Daniel Bernoulli.
Dalam bentuknya yang sudah disederhanakan, secara umum terdapat dua bentuk persamaan Bernoulli; yang pertama berlaku untuk aliran tak-termampatkan (incompressible flow), dan yang lain adalah untuk fluida termampatkan (compressible flow).

Aliran Tak-termampatkan
Aliran tak-termampatkan adalah aliran fluida yang dicirikan dengan tidak berubahnya besaran kerapatan massa (densitas) dari fluida di sepanjang aliran tersebut. Contoh fluida tak-termampatkan adalah: air, berbagai jenis minyak, emulsi, dll. Bentuk Persamaan Bernoulli untuk aliran tak-termampatkan adalah sebagai berikut:

di mana:
v = kecepatan fluida
g = percepatan gravitasi bumi
h = ketinggian relatif terhadapa suatu referensi
p = tekanan fluida
ρ = densitas fluida
Persamaan di atas berlaku untuk aliran tak-termampatkan dengan asumsi-asumsi sebagai berikut:
• Aliran bersifat tunak (steady state)
• Tidak terdapat gesekan

Aliran Termampatkan
Aliran termampatkan adalah aliran fluida yang dicirikan dengan berubahnya besaran kerapatan massa (densitas) dari fluida di sepanjang aliran tersebut. Contoh fluida termampatkan adalah: udara, gas alam, dll. Persamaan Bernoulli untuk aliran termampatkan adalah sebagai berikut:

Hukum Bernoulli menyatakan bahwa jumlah dari tekanan ( p ), energi kinetik per satuan volum (1/2 PV^2 ), dan energi potensial per satuan volume (ρgh) memiliki nilai yang sama pada setiap titik sepanjang suatu garis arus.
Dalam bagian ini kita hanya akan mendiskusikan bagaimana cara berfikir Bernoulli sampai menemukan persamaannya, kemudian menuliskan persamaan ini. Akan tetapi kita tidak akan menurunkan persamaan Bernoulli secara matematis.
Kita disini dapat melihat sebuah pipa yang pada kedua ujungnya berbeda dimanaujung pipa 1 lebih besar dari pada ujung pipa 2.

Penerapan Hukum Bernoulli:


a. Efek Venturi
Selain teorema Torricelli, persamaan Bernoulli juga bisa diterapkan pada kasus khusus lain yakni ketika fluida mengalir dalam bagian pipa yang ketinggiannya hampir sama (perbedaan ketinggian kecil). Untuk memahami penjelasan ini, amati gambar di bawah.
Pada gambar di atas tampak bahwa ketinggian pipa, baik bagian pipa yang penampangnya besar maupun bagian pipa yang penampangnya kecil, hampir sama sehingga diangap ketinggian alias h sama. Jika diterapkan pada kasus ini, maka persamaan Bernoulli berubah menjadi :
Ketika fluida melewati bagian pipa yang penampangnya kecil (A2), maka laju fluida bertambah (ingat persamaan kontinuitas). Menurut prinsip Bernoulli, jika kelajuan fluida bertambah, maka tekanan fluida tersebut menjadi kecil. Jadi tekanan fluida di bagian pipa yang sempit lebih kecil tetapi laju aliran fluida lebih besar.

Ini dikenal dengan julukan efek Venturi dan menujukkan secara kuantitatif bahwa jika laju aliran fluida tinggi, maka tekanan fluida menjadi kecil. Demikian pula sebaliknya, jika laju aliran fluida rendah maka tekanan fluida menjadi besar.


b. Tabung Pitot
Tabung Pitot adalah alat ukur yang kita gunakan untuk mengukur kelajuan gas / udara. Perhatikan gambar di bawah…
Lubang pada titik 1 sejajar dengan aliran udara. Posisi kedua lubang ini dibuat cukup jauh dari ujung tabung pitot, sehingga laju dan tekanan udara di luar lubang sama seperti laju dan tekanan udara yang mengalir bebas. Dalam hal ini, v1 = laju aliran udara yang mengalir bebas (ini yang akan kita ukur), dan tekanan pada kaki kiri manometer (pipa bagian kiri) = tekanan udara yang mengalir bebas (P1).

Lubang yang menuju ke kaki kanan manometer, tegak lurus dengan aliran udara. Karenanya, laju aliran udara yang lewat di lubang ini (bagian tengah) berkurang dan udara berhenti ketika tiba di titik 2. Dalam hal ini, v2 = 0. Tekanan pada kaki kanan manometer sama dengan tekanan udara di titik 2 (P2).
Ketinggian titik 1 dan titik 2 hampir sama (perbedaannya tidak terlalu besar) sehingga bisa diabaikan. Ingat ya, tabung pitot juga dirancang menggunakan prinsip efek venturi. Mirip seperti si venturi meter, bedanya si tabung petot ini dipakai untuk mengukur laju gas alias udara. Karenanya, kita tetap menggunakan persamaan efek venturi. Sekarang kita oprek persamaannya :

Ini persamaan yang kita cari. Persamaan ini digunakan untuk menghitung laju aliran gas alias udara menggunakan si tabung pitot.


c. Penyemprot Racun Serangga
Penyemprot Racun Serangga hampir sama prinsip kerjanya dengan penyemprot parfum. Jika pada penyemprot parfum Anda menekan tombol, maka pada penyemprot racun serangga Anda menekan masuk batang penghisap.

Ketika bola karet diremas, udara yang ada di dalam bola karet meluncur keluar melalui pipa 1. Karenanya, udara dalam pipa 1 mempunyai laju yang lebih tinggi. Karena laju udara tinggi, maka tekanan udara pada pipa 1 menjadi rendah. Sebaliknya, udara dalam pipa 2 mempunyai laju yang lebih rendah. Tekanan udara dalam pipa 2 lebih tinggi. Akibatnya, cairan parfum didorong ke atas. Ketika si cairan parfum tiba di pipa 1, udara yang meluncur dari dalam bola karet mendorongnya keluar…
Biasanya lubang berukuran kecil, sehingga parfum meluncur dengan cepat… ingat persamaan kontinuitas, kalau luas penampang kecil, maka fluida bergerak lebih cepat. Sebaliknya, kalau luas penampang pipa besar, maka fluida bergerak pelan.


d. Cerbong asap
Pertama, asap hasil pembakaran memiliki suhu tinggi alias panas. Karena suhu tinggi, maka massa jenis udara tersebut kecil. Udara yang massa jenisnya kecil mudah terapung alias bergerak ke atas. Alasannya bukan cuma ini… Prinsip bernoulli juga terlibat dalam persoalan ini.

Kedua, prinsip bernoulli mengatakan bahwa jika laju aliran udara tinggi maka tekanannya menjadi kecil, sebaliknya jika laju aliran udara rendah, maka tekanannya besar. Ingat bahwa bagian atas cerobong berada di luar ruangan. Ada angin yang niup di bagian atas cerobong, sehingga tekanan udara di sekitarnya lebih kecil. Di dalam ruangan tertutup tidak ada angin yang niup, sehingga tekanan udara lebih besar. Karenanya asap digiring ke luar lewat cerobong… (udara bergerak dari tempat yang tekanan udaranya tinggi ke tempat yang tekanan udaranya rendah).


e. Gaya Angkat Sayap Pesawat Terbang
Gaya Angkat Sayap Pesawat Terbang juga merupakan salah satu contoh Hukum Bernoulli.
Pada dasarnya, ada empat buah gaya yang bekerja pada sebuah pesawat terbang yang sedang mengangkasa .
1. Berat Pesawat yang disebabkan oleh gaya gravitasi Bumi
2. Gaya angkat yang dihasilkan oleh kedua sayap pesawat
3. Gaya ke depan yang disebabkan oleh mesin pesawat
4. Gaya hambatan yang disebabkan oleh gerakan udara.

Bagian depan sayap dirancang melengkung ke atas. Udara yang ngalir dari bawah berdesak2an dengan temannya yang ada di sebelah atas. Mirip seperti air yang ngalir dari pipa yang penampangnya besar ke pipa yang penampangnya sempit. Akibatnya, laju udara di sebelah atas sayap meningkat. Karena laju udara meningkat, maka tekanan udara menjadi kecil. Sebaliknya, laju aliran udara di sebelah bawah sayap lebih rendah, karena udara tidak berdesak2an (tekanan udaranya lebih besar). Adanya perbedaan tekanan ini, membuat sayap pesawat didorong ke atas. Karena sayapnya nempel dengan badan si pesawat, maka si pesawat ikut2an terangkat.


f. Tikus juga tahu prinsip Bernoulli
Perhatikan gambar di bawah…. ini gambar lubang tikus dalam tanah. Tikus juga tahu prinsip om bernoulli. Si tikus tidak mau mati karena sesak napas, karenanya tikus membuat 2 lubang pada ketinggian yang berbeda. Akibat perbedaan ketinggian permukaan tanah, maka udara berdesak2an dengan temannya (bagian kanan). Mirip seperti air yang mengalir dari pipa yang penampangnya besar menuju pipa yang penampangnya kecil. Karena berdesak2an maka laju udara meningkat (Tekanan udara menurun).

Karena ada perbedaan tekanan udara, maka udara dipaksa mengalir masuk melalui lubang tikus. Udara mengalir dari tempat yang tekanan udara-nya tinggi ke tempat yang tekanan udaranya renda
Sumber: Fisika ceria
               Study fisika

76 komentar:

  1. salam kenal mbak, oya asal medan ya, kalau bersedia, mbak boleh tu bergabung di komunitas blogger Medan. Mbak bisa tu kunjungi blog saya dan ada tempat fasilitas yang sudah saya sediakan. Salam kenal

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. makasih ya bu
    dengan bantuan blog saya bisa menyelesaikan soal fisika yang ini

    Sebuah benda berbentuk balok berada pada bejana yang berisikan air dan minyak. 50% dari volum balok berada di dalam air, 30% berada dalam minyak seperti terlihat pada gambar berikut.



    Tentukan massa jenis balok tersebut
    Diketahui massa jenis air adalah 1 g/cm3 dan massa jenis minyak 0,8 g/cm3

    Pembahasan
    a) Gaya-gaya yang bekerja pada balok adalah sebagai berikut:



    Berat benda
    w = mg
    Karena massa benda belum diketahui, masukkan m = ρ vB sehingga w = ρ v g dengan vB adalah volum balok.

    Gaya ke atas yang bekerja pada balok oleh air
    Fair = ρa va g
    dengan va adalah volume air yang dipindahkan atau didesak oleh balok (50%v = 0,5 vB).

    Gaya ke atas yang bekerja pada balok oleh minyak
    Fm = ρm vm g
    dengan vm adalah volume minyak yang dipindahkan atau didesak oleh balok (30% vB = 0,3 vB).

    Gaya yang arahnya ke atas sama dengan gaya yang arahnya ke bawah:

    BalasHapus
  4. makasih miss, dgn ini aku lebih menguasai ilmu fisika

    BalasHapus
  5. makasih buk, dengan blog ini saya bisa menjawab soal yg dibawah:

    dua balok m1=4kg dan m2=2kg terletak pada bidang datar. balok m1 diberi gaya medatar f=60N. jika koefisien gesekan kinetis antara kedua balok dan lantai 0,2 besar gaya kotak antara m1 dan m2 adalah.....

    tinjau sistem (m1 + m2).

    Fy= 0 ~> N - W = 0
    N = W = (m1 + m2)g + ( 4+2) (10) = 60

    Fk1 = uN = 0,2 . 60 = 12 N
    Fx = m . a
    F-fk1= (m1 + m2)a

    F-fk1 60 - 12 48
    a= ----------- = ------------- = ------ = 8m/s
    m1+m2 4 + 2 6



    pada m2 bekerja gaya dorong F12 dari m1, dan gaya gesekan fk2
    Fy = 0 ~> N2 - w2 = 0
    N2 = m2g = 2 . 10 = 20 N
    fk1 = uN2 = 0,2 . 20 = 4 N

    Fx = m2 . a
    F12 - fk2 = m2 . a
    F12 - 4 = 2 . 8
    F12 - 4 = 16
    F12 = 16 +4
    F12 = 20 N


    jadi gaya kontak antara m1 dan m2 adalah F12 = 20 N

    F12 = m2 2
    ------- . F = -------- x 60 = 20N
    mtot 4 +2

    BalasHapus
    Balasan
    1. nama : Vio Chandro Fransiskus Sitohang
      kelas : 10 mia 3
      sekolah : SIM( Sultan Iskandar Muda)

      Hapus
  6. bu saya ayu kls X-MIA², saya mau tanya tentang tekanan hidrostitas..
    kan soal sering keluar adalah menentukkan tekanan pada titik dalam zat terutama zat cair maka badic concept atau tips cara menyelesaikannya bagaimana dan jawaban dari soal :
    Seekor ikan berada dalam bak air dengan massa jenis air 1000kg/m³ dan percepatan gravitasi 10N/kg, maka tekanan hidrostatis yang diterima ikan adalah...
    Terima Kasih

    BalasHapus
  7. bu saya iqsal aryo dari kelas Xmia 1 saya ingin bertanya:
    1. bagaimanakah cara agar kita dapat memahami pelajaran fisika dengan mudah, sehingga dapat mengerjakan soal fisika dengan baik dan benar?
    2. kita sering mendengar atau membicarakan tentang gravitasi, jadi cara kerja gaya gravitasi itu seperti apa?dan mengapa diluar angkasa itu gaya gravitasi itu sangat kecil?
    3. sering diberitahukan bahwa dalam kehidupan sehari hari ada beberapa hal yang ada kaitannya tentang pelajaran fisika, jadi bagaimana cara agar kita tahu bahwa kegiatan yang kita lakukan itu berkaitan atau tidak dengan pelajaran fisika?

    terima kasih bu

    BalasHapus
  8. Nama saya Bram Ricky Aginta dari kelas X MIA 2 Sultan Iskandar Muda, Dengan membaca di blog ini saya jadi tahu manfaat dari penerapan hukum archimedes. Terima kasih ya bu.

    BalasHapus
  9. nama sayab harry pratama dari kelas X_MIA1
    1.buk bagai mana caranya untuk meminimalkan energi potensial???
    2.buk apa fungsi timbal dalam hidrometer
    3.buk apa persamaan kohesi dan adhesi..??

    BalasHapus
  10. Nama : Chessara Addina
    Kelas : X MIA 2
    SMA SULTAN ISKANDAR MUDA
    Assalamualaikum wr.wb
    Wooooww artikel yang ini sangat menarik dan bermanfaat. Dengan membaca artikel ini saya jadi mengetahui bahwa hukum archimedes juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Contohnya seperti : penerapan hukum archimedes juga dapat digunakan untuk menentukan massa jenis benda, penerapan hukum archimedes, dalam bidang teknik seperti kran otomatis pada penampungan air. Kita tidak menyadari bahwa hukum archimedes sering kita diterapkan, pada kapal selam dan hidrometer. Saya ingin bertanya ibu apa saja penerapan hukum archimedes yang tidak kita sadari dalam kehidupan sehari hari ?
    Terimakasih ibu atas informasi dari artikelnya :)

    BalasHapus
  11. Nama saya Steven , kelas X Mia1
    Berikut komentar saya berupa pertanyaan dan pernyataan
    1. Apa yang dimaksud dengan "CROSSECTION" pada artikel kapilaritas?
    2.Apakah prinsip kerja hidrometer sama dengan prinsip kerja termometer?Jelaskan!!
    3.Dari beberapa artikel seputar fisika ini saya mendapat beberapa pemahaman baru, bahwa ilmu atau prinsip fisika tidak hanya berguna sebagai materi pembelajaran di sekolah melainkan banyak kegiatan-kegiatan sehari- hari kita yang merupakan ilmu fisika

    BalasHapus
  12. Mungkin hanya itu dari saya, saya harap ibu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan saya, maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan atau ada bahasa- bahasa yang kurang sopan, Terima kasih bu. Steven X Mia 1

    BalasHapus
  13. Nama : DELLA OCTALIA
    Kelas : X MIA - 2
    Y.P. SULTAN ISKANDAR MUDA
    Setelah membaca artikel ibu saya jadi tahu bahwa begitu kecepatan aliran fluida meningkat maka tekanannya justru menurun. Dan saya jadi tahu kalo prinsip fuida itu menyatakan bahwa pada suatu aliran fluida, peningkatan pada kecepatan fluida akan menimbulkan penurunan tekanan pada aliran tersebut.

    Dan ternyata diterapkan juga di kehidupan sehari - hari seperti Penyemprot Racun Serangga, Cerbong asap, dan yang tidak saya kira digunakan juga dalam Gaya Angkat Sayap Pesawat Terbang.

    dan yang paling saya kagetkan Tikus juga tahu prinsip om bernoulli. Si tikus tidak mau mati karena sesak napas, karenanya tikus membuat 2 lubang pada ketinggian yang berbeda. Akibat perbedaan ketinggian permukaan tanah, maka udara berdesak2an dengan temannya (bagian kanan). Mirip seperti air yang mengalir dari pipa yang penampangnya besar menuju pipa yang penampangnya kecil. Karena berdesak2an maka laju udara meningkat (Tekanan udara menurun).

    terima kasih banyak atas artikelnya ^_^ buk, karna artikel ini wawasan saya jadi meluas

    BalasHapus
  14. Nama: Apryani Sabatini Aritonang
    Kelas: X MIA-2
    SMA SULTAN ISKANDAR MUDA
    "Wow menarik sekali artikel ibu ini, saya saja membacanya dengan penuh semangat, setelah saya membaca aritikel ini saya menjadi tahu tentang Fluida Statis, dan mengetahui rumus-rumusnya..."
    Terima kasih ya buu indrii

    BalasHapus
  15. Nama:Yuni.L.Moralina Ginting
    Kelas:X MIA_2
    setelah saya membaca artikel ibu.saya jadi lebih mengerti tentang fluida statis. Bernoulli menunjukkan bahwa begitu kecepatan aliran fluida meningkat maka tekanannya justru menurun. saya bertanya mengapa demikian.

    BalasHapus
  16. Nama ; Devi Faradillah
    Kelas : X MIA-2
    SMA Sultan Iskandar Muda
    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih atas informasinya,Bu.Dari blog ini saya jadi dapat lebih memahami pelajaran fisika.Tapi saya ingin bertanya,"Mengapa benda yang tercelup di dalam fluida bisa tenggelamm?".Saya berharp Ibu dapat menjawab pertanyaan saya.Terima kasih,Bu.
    Assalamualailum wr.wb

    BalasHapus
  17. Nama ; Devi Faradillah
    Kelas : X MIA-2
    SMA Sultan Iskandar Muda
    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih atas informasinya,Bu.Dari blog ini saya jadi dapat lebih memahami pelajaran fisika.Tapi saya ingin bertanya,"Mengapa benda yang tercelup di dalam fluida bisa tenggelamm?".Saya berharp Ibu dapat menjawab pertanyaan saya.Terima kasih,Bu.
    Assalamualailum wr.wb

    BalasHapus
  18. Nama ; Devi Faradillah
    Kelas : X MIA-2
    SMA Sultan Iskandar Muda
    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih atas informasinya,Bu.Dari blog ini saya jadi dapat lebih memahami pelajaran fisika.Tapi saya ingin bertanya,"Mengapa benda yang tercelup di dalam fluida bisa tenggelamm?".Saya berharp Ibu dapat menjawab pertanyaan saya.Terima kasih,Bu.
    Assalamualailum wr.wb

    BalasHapus
  19. Nama ; Devi Faradillah
    Kelas : X MIA-2
    SMA Sultan Iskandar Muda
    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih atas informasinya,Bu.Dari blog ini saya jadi dapat lebih memahami pelajaran fisika.Tapi saya ingin bertanya,"Mengapa benda yang tercelup di dalam fluida bisa tenggelamm?".Saya berharp Ibu dapat menjawab pertanyaan saya.Terima kasih,Bu.
    Assalamualailum wr.wb

    BalasHapus
  20. nama ahmad alfarizi
    kelas 10 mia 2
    sma sultan iskandar muda
    setelah membaca artikel ibu ini saya jadi lbih tau bhwa fisika di pakai dlm keidupan sehari hari dan saya menjadi bisa menjawb soaldan ada rumusnya seperti berikut
    Rumus Minimal

    Debit
    Q = V/t
    Q = Av
    Keterangan :
    Q = debit (m3/s)
    V = volume (m3)
    t = waktu (s)
    A = luas penampang (m2)
    v = kecepatan aliran (m/s)
    1 liter = 1 dm3 = 10−3 m3

    Persamaan Kontinuitas
    Q1 = Q2
    A1v1 = A2v2

    Persamaan Bernoulli
    P + 1/2 ρv2 + ρgh = Konstant
    P1 + 1/2 ρv12 + ρgh1 = P2 + 1/2 ρv22 + ρgh2

    Keterangan :
    P = tekanan (Pascal = Pa = N/m2)
    ρ = massa jenis cairan (kg/m3)
    g = percepatan gravitasi (m/s2)

    Tangki Bocor Mendatar
    v = √(2gh)
    X = 2√(hH)
    t = √(2H/g)

    Keterangan :
    v = kecepatan keluar cairan dari lubang
    X = jarak mendatar jatuhnya cairan
    h = jarak permukaan cairan ke lubang bocor
    H = jarak tempat jatuh cairan (tanah) ke lubang bocor
    t = waktu yang diperlukan cairan menyentuh tanah
    makasih bu

    BalasHapus
  21. Nama:julianto
    Kelas:X-MIA I

    terima kasih bu saya jadi lebih mengerti tentang hukum archimedes dari penerapan kapal laut yang bisa mengapung dan cara kapal selam tenggelam dan mengapung di air.

    BalasHapus
  22. Nama :Bio Boni
    Kelas:x-mia-1

    Saya mau nanya ni bu.. by the way saya sudah lelah memikirkan dan mencari. Di kamar tidur saya, posisi pintu kamar dan gorden(jendela) di kamar saya itu berhadapan. Pertanyaan saya.. Mengapa sewaktu saya membuka pintu, (saya yakin 100% tidak ada angin atau mahluk halus untuk menggoyangkan gorden), gorden saya juga ikut bergerak atau bergoyang ?? Mohon di jelaskan ya bu. Thx.

    BalasHapus
  23. Nama:Ajeng retno pratiwi
    Kelas:X-mia1

    Bu saya mau bertanya:"Suatu benda memiliki suhu terbesar 333K.suhu benda tersebut jika di ukur dengan menggunakan termometer Fahrenheit adalah"
    Makasih ya ibu

    BalasHapus
  24. Nama:Ajeng retno pratiwi
    Kelas:X-mia1

    Bu saya mau bertanya:"Suatu benda memiliki suhu terbesar 333K.suhu benda tersebut jika di ukur dengan menggunakan termometer Fahrenheit adalah"
    Makasih ya ibu

    BalasHapus
  25. Nama:Grace
    Kelas:X-mia.1

    Bagus sekali bu, dengan adanya blog ini jadi lebih mudah untuk mengetahui rumus rumus fisika, terutama tentang mengetahui hukum bernoulli dan penerapannya termasuk apa apa saja tentang hukum bernaulli tersebut.

    BalasHapus
  26. Artikel 1:fluida
    wow artikelnya sangt bagus ya bu. saya jadi mulai paham apa itu hukum bernouli. saya ingin nanya bu,seputar hukum bernouli.
    1.Apakah tendangan pisang dlm permainan sepak bola dapat dibuktikan dalam hukm bernouli?
    2.Saya juga pernah membaca sebuah tulisan/artikel ttg efek magnus, ttpi saya kurang paham bu apa itu efekmagnus. sbenarnya ada atau tidak kesamaannya dgn huk bernouli?
    Terimakasih ya bu.
    Saya EsterMendrofa,X-Mia1
    SMA SIM

    BalasHapus
  27. Artikel 2:mesinwaktu
    Kern banget bu artikelnya. Oiya bu saya mau nnya ni bu tentang mesin waktu.
    Menurut ibu,apakah mesinwaktu itu bisa diciptakan? Dan seandainya mesin waktu itu ada,apakah ibu setuj dgn adanya mesin waktu?dan mengapa?
    Thanks bu.
    EsterMendrofa.X-Mia1

    BalasHapus
  28. Artikel3: peran fisika dlm kehidupn
    Wow ternyata fisika juga memiliki peran yang sangat bnyak ya dlm kehidupan kita. saya mau nanya bu,
    Mengapa biasanya saat sbelum terjadinya hujan itu terasa gerah? apakah hal ini ada hubungannya dengan penguapan bu?
    Thanks bu
    Ester Mendrofa, X-Mia1

    BalasHapus
  29. Alwi nur syevira
    x mia 1
    SMA SULTAN ISKANDAR MUDA

    Sulit diMengerti kalau hanya dibaca.

    BalasHapus
  30. NAMA = WILLIAM CHANDRA MENDROFA
    KELAS = X MIA-1
    Y.P.SMA SULTAN ISKANDAR MUDA
    WOW this article is so Fantastic,terimakasih Bu atas artikel-artikel yang telah Ibu buat.Saya sangat menyukai tentang fisika setelah membaca artikel ibu,dengan artikel ini saya jadi semakin banyak memahami tentang FISIKA dari mulai pengertian,contoh soal,rumus,jawaban dan hukum-hukum dalam pelajaran fisika(penemunya) serta contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  31. NAMA = WILLIAM CHANDRA MENDROFA
    KELAS = X MIA-1
    Y.P.SMA SULTAN ISKANDAR MUDA
    Setelah saya membaca artikel ibu saya jadi tau bahwa udara memiliki sifat yg sama dengan zat cair semakin besar volume udara yang dipindahkan balon udara,semakin besar pula gaya keatas udara terhadap balon.Besarnya volume udara yang dipindahkan bergantung kepada ukuran balon.Dan saya juga jadi mengerti pelajaran kelas XI MIA yaitu mengenai Fluida Dinamis dan Statis, Hukum Bernoulli dan Toricelli.Serta mengetahui Kapal laut dapat mengapung di permukaan air karena adanya rongga di dalam tubuh kapal. Rongga ini berisi udara sehingga mampu memindahkan volume air yang cukup besar, Oleh karena volume air yang dipindahkan cukup besar, kapal akan mendapat gaya tekan ke atas yang menyamai berat kapal. Gaya ke atas ini mampu rnenahan kapal laut tetap berada di permukaan air. Sebuah paku yang kecil rnendapat gaya ke atas yang lebih kecil daripada berat paku sehingga paku tenggelam.
    Bu saya ingin bertanya
    1)apa itu hukum Laplace?dan
    2)Mengapa penemu zaman dahulu lebih dikenal daripada penemu zaman yang sekarang bu?
    Terimakasih Bu

    BalasHapus
  32. NAMA :NIKEN SARAH
    KELAS : X MIA 1
    Selamat pagi bu
    saya ingin bertanya bagaimana cara agar kita lebih mudah untuk mempelajari fisika
    saya telah membaca artikel yang ibu tulis
    tetapi saya masih kurang memehaminya
    terima kasih atas perhatian ibu

    BalasHapus
  33. NAMA ; DEREN
    KELAS : 10 MIA 1 (YPSIM)
    BU saya sudah mengerti dengan Tekanan Pada Sebuah Permukaan,Tadinya Saya Belom paham setelah membaca artikel ibu saya sudah mengerti dengan tekanan pada sebuah permukaan.

    Tekanan di dalam zat cair disebabkan oleh adanya gaya gravitasi yang bekerja pada tiap bagian zat cair, besar tekanan itu bergantung pada kedalaman, makin dalam letak suatu bagian zat ,maka makin besar tekanan pada bagian itu.

    BalasHapus
  34. nama: Vincent
    Kelas: X mia 1

    maaf bu saya agak terlambat. um... saya mau bertanya bu
    1. telur yang busuk akan mengapung. apakah ini ada hubungannya dengan hukum archimedes seperti yang disebutkan di atas?
    2.saya juga dengar bahwa cara kerja penghisap air itu menggunakan prinsip hukum pascal?
    3. serangga anggang-anggang itu memiliki bulu bulu halus yang berada di kakinya.... fungsinya sebagai penangkap udara. dalam kasus ini apakah hubungannya dengan tegangan pada molekul air?

    terima kasih

    BalasHapus
  35. NAMA : NIKEN SARAH
    KELAS : X MIA I

    Selamat Pagi Bu
    disini saya ingin bertanya tentang
    1. GLBB (metode perhitungan cerdas)
    untuk menentukan waktu yang diperlukan oleh benda selama berada diudara (dari keadaan awal sampai akhir) yang dilemparkan vertikal keatas, dapatkah digunakan perumusan cerdas?serta berikan contoh soal dan pembahasan?
    2. Besarnya energi awal dari sebuah benda yang dilemparkan vertikal keatas sama dengan energi potensial benda pada kedudukan tertinggi alasannya...
    3. Mengapa benda yang bergerak lurus beraturan tidak mengalami perubahan momentum alasannya...

    BalasHapus
  36. Nama : wiknes waren
    Kelas : x mia 1

    Artikel yang ibu buat tersebut
    membuat saya lebih mengerti tentang fluida statis
    Dari artikel tadi saya melihat gambar sebuah serangga mengapung diatas air
    Pertanyaan saya
    Mengapa serangga tersebut dapat mengapung di atas air ? Dan bagaimana hukum fisika menerangkan pristiwa ini ?

    BalasHapus
  37. Nama : wiknes waren
    Kelas : x mia 1

    Artikel yang ibu buat tersebut
    membuat saya lebih mengerti tentang fluida statis
    Dari artikel tadi saya melihat gambar sebuah serangga mengapung diatas air
    Pertanyaan saya
    Mengapa serangga tersebut dapat mengapung di atas air ? Dan bagaimana hukum fisika menerangkan pristiwa ini ?

    BalasHapus
  38. NAMA : NIKEN SARAH
    KELAS : X MIA I

    Selamat Siang Bu
    disini saya ingin bertanya tentang
    1. Cara kerja minyak wangi dikaitkan dengan sistem fluida ?
    2. aliran fluida bersifat stasioner maksud dari pernyataan ini? contoh dalam kehidupan sehari hari?

    BalasHapus
  39. NAMA : NIKEN SARAH
    KELAS : X MIA I

    Disebuah pedesaan adan terdapat lahan persawahan. lahan tersebut akan ditanami padi. Petani ingin membuat sistem irigasi untuk mengari sawah mereka agar tanaman padi mereka tumbuh subur.
    Yang ingin saya tanyakan sistem irigasi yang akan dibuat petani tersebut ada kaitan dengan sistem fluida?Bagaimana cara kerja irigasi jika kita kaitkan dengan fluida statis?

    BalasHapus
  40. NAMA : GIA CINTA D SINAGA
    KELAS :X MIA 1

    Mengapa orang yang tenggelam setelah lama akan mengapung dengan sendiri nya???
    apakah penyebabnya???
    Apakah hal tersebut ada kaitannya dengan fluida statis??

    BalasHapus
  41. Nama : Intan Tirandika
    Kelas : X MIA 1

    1.Suatu fluida mengalir pada pipa kemudian terjadi hambatan didalam pipa sehingga tekanan fluida tersebut berubah, mengapa hal itu dapat terjadi?
    2.Apakah konsep gelembung sabun termasuk dalam tegangan permukaan?
    3.Apa yang dimaksud dengan besaran kerapatan massa?

    BalasHapus
  42. Nama: Fitria F
    Kelas: X MIA 2
    pertanyaan:
    1. Apa yg menyebabkan benda mengalami gaya keatas ketika dimasukkan kedalam air?
    2. Mengapa gas helium atau hidrogen dapat membuat balon melayang di udara?

    BalasHapus
  43. Nama : Narel Febrina
    Kelas : X MIA 2
    1.Mengapa di dalam fluida,konsep tekanan memegang peranan penting?
    2.Mengapa dalam konsep Bernoulli dikatakan jika kecepatan aliran fluida meningkat maka tekanannya justru menurun?

    BalasHapus
  44. Nama :Chessara Addina
    Kelas : X MIA 2
    SMA SULTAN ISKANDAR MUDA

    1. Berdasarkan penerapan hukum archimedes mengapa balon udara dapat melayang di udara jika berisi gas yang memiliki massa jenis yang lebih kecil daripada massa jenis udara?
    2.Azas Bernoulli dalam fluida bergerak menyatakan hubungan antara apa? Dan alat alat apa yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Bernoulli ?

    BalasHapus
  45. Nama : Irvan Richardo
    Kelas : X MIA-2
    SMA SULTAN ISKANDAR MUDA

    1. Apakah serangga dapat tetap mengapung di atas cairan yang memiliki masa di atas maupun di bawah air ?

    2. Apa yang terjadi pada kecepatan dan tekanan atas dan bawah sayap pesawat terbang ketika pesawat terbang lepas landas ?

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  47. Nama:Siti Rahmah Nst
    Kelas: X-MIA2
    Trima kasih buk atas ilmu ataupun wawasan yang ibu berikan
    Dengan begitu saya mendapatkan wawasan yang baru
    Saya ada pertanyaan buk
    Pertanyaan:
    1 siapa yang menemukan konsep fluida statis?

    2 apa yang menyebabkan benda mengalami gaya keatas ketika dimasukkan kedalam air?
    Trimakasih ya buk

    BalasHapus
  48. Nama :Siti Rahmah Nst
    Kelas : X -Mia 2
    Buk saya ingin bertanya tentang soal soal berikut:

    1 sebuah kelereng dengan hari jari 0,5 cm jatuh kedalam bak berisi oli yang memiliki koefesien viskositas 110 X 10-3 N.s/m2
    Tentukan besar gesekan yang dialami kelereng jika bergerak dengan kelajuan 5m/s

    2 seorang anak hendak menaikkan batu bermasa 1 ton dengan alat. Jika luas penampang pipa besar adalah 250 kali luas penampang pipa kecil dan tekanan cairan pengisi pipa diabaikan.
    Tentukan gaya minimal yang harus diberikan anak agar batu bisa terangkat
    Trimakasih

    BalasHapus
  49. Nama : Muhammad Nur Ikhsan
    Kelas: X MIA-2
    SMA SULTAN ISKANDAR MUDA

    1.Kapal yang sangat berat yang mengalir diperairan apa ada hubungannya dengan Prinsip Fruida Statis??
    2.Apakah prinsip kerja termometer sama dengan prinsip kerja hidrometer??

    Maaf Bu Lama :(

    BalasHapus
  50. Nama : Mia Rafika Uzma
    Kelas : Xmia2 SIM
    Pertanyaan saya begini buk
    1. Pada Hukum Archimedes hukum ini berbicara tentang gaya ke atas. Maksud dari gaya ke atas itu apa ya buk ?
    2. Apa maksud dari ketegangan dingin ya buk ?
    Makasi buk

    BalasHapus
  51. Nama : muhammad.solehhuddin
    Kelas: X mia 2

    Bu, saya mau bertanya

    1. Air terjun setinggi 8 m dengan debit 10 m3/s dimanfaatkan untuk memutar generator listrik mikro. Jika 10% energi air berubah menjadi energi listrik dan g = 10 m/s2 daya keluar generator listrik adalah..

    2.Sebuah pesawat dilengkapi dengan dua buah sayap masing-masing seluas 40 m2. Jika kelajuan aliran udara di atas sayap adalah 250 m/s dan kelajuan udara di bawah sayap adalah 200 m/s tentukan gaya angkat pada pesawat tersebut, kita anggap kerapatan udara adalah 1,2 kg/m3...

    Terima kasih bu

    BalasHapus
  52. Nama : JEFINA WIJAYA
    KELAS X MIA 2

    pertanyaan :
    1.Apakah Hidrometer bisa digunakan untuk mengukur kapal sajakah ? apa contoh lainnya ?
    2.Apa itu hukum laplace?
    3.Mengapa serangga atau benda klip kertas seperti bisa Mengapung di atas air?

    terimah kasih bu artikelnhya ini sangat keren ,dan menambah wawasanku ...

    BalasHapus
  53. Nama: agita anugrah
    Kelas: X Mia 2

    1.Fluida adalah zat yang dapat mengalir dan memberi sedikit hambatan terhadap perubahan bentuk ketika mengalami tekanan. Yang termasuk fluida adalah zat cair dan gas.
    Jadi jika fluida mengalir secara banyak hambatan apa yg terjadi bu?

    2.Suatu fluida yang mengalir dengan laju tetap 3 m/s melaui pipa yang bergaris tengah 4 cm. Kemudian mengalir lurus melalui pipa yang bergaris tengah 2 cm. Perbandingan laju fluida ketika melewati pipa berdiameter 2 cm dan 8 cm adalah, .....

    TERIMAKASIH artikel yg membantu bu...

    BalasHapus
  54. Nama : sherephia anastasia
    Kls : x mia 2

    Pertanyaan:
    1.mengapa fluida dianggap tidak kompresibel?
    2.apa yang dimaksud aliran fluida adalah aliran stasioner?

    Terimakasih atas artikelnya bu, artikel ini menambah wawasan dan membantu saya

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. Nama: Cinthya felim
    Kelas: X-MIA 1

    1. Dalam prinsip kerja pesawat terbang hukum apa yg digunakan?

    2. Apa arti istilah CROSSECTION dalam kapilaritas?

    3. Apa itu LAPLACE?

    Makasih y bu

    BalasHapus
  57. Nama=William Chandra Mendrofa
    Kelas=X-MIA 1

    Bu saya ingin bertanya =

    1.Mengapa makin dalam kita tenggelam,makin besar tekanan yg kita alami?
    2.Mengapa nyamuk dapat hinggap di permukaan air?

    Maaf telat ya Bu.. ^-^
    Terimakasih BU

    BalasHapus
  58. Nama : iqsal aryo syahputra
    Kelas: Xmia 1

    1. Kita sering melihat kapal kapal besar yang terbuat dari baja yang tebal dan sangat berat kenapa bisa mengapung diatas air? tetapi apabila paku atau besi kita cemplungkan kedalam air pasti akan tenggelam padahal paku lebih ringan dari kapal tadi kenapa bisa seperti itu?
    2. kenapa lubang tikus dapat dikatakan bahwa itu prinsip bernauli?

    TERIMA KASIH BU

    BalasHapus
  59. 1.kenapa ada pesawat yang bisa mendarat di air??
    2.apa yang terjadi jika gravitasi bumi melebihi 10 m/^2
    3.bagaimana cara menolak gravitasi ?
    4.bagaimana cara kerja hoverboard?

    BalasHapus
  60. Nama: Vincent
    Kelas; 10 mia 1

    1. apakah mungkin untuk megukur tekanan terbesar pada laut (palung laut) dengan manusia (penyelam)

    2. apakah prinsip bernouli pada sayap pesawat terbang juga berlaku untuk burung?

    3.bagaimana ikan angler bisa tahan di dalam dasar laut yang sudah jelas tekanan yang besar dapat meremuk tulangnya? apa fitur spesial yang dimiliki ikan tersebut? atau justru air laut yang tidak mampu meremukkan ikan tersebut?

    BalasHapus
  61. Nama : Willy Lianggi
    Kelas : XI MIA3

    1. Jika gas ideal dimampatkan secara isotermik sampai volumenya menjadi setengahnya, maka apa yang akan terjadi ?
    2. Jika terjadi polarisasi pada pemantulan sinar oleh suatu permukaan batas medium tembus cahaya, maka apa yang akan terjadi ?
    3. Pada pembiasan cahaya dari udara ke air, makin kecil sudut datang maka ....

    BalasHapus
  62. Bu,banyak yang bilang fisika itu rumit atau susah
    Menurut ibu bagaimana si cara belajar fisika dengan benar? Supaya dimengerti.
    Terimakasih ibu


    Johanna Hutagalung
    XI IPA1

    BalasHapus
  63. NAMA:HENDRA
    KELAS:XI IPA1
    saya mau nanya bu,menurut ibu gimana sih caranya supaya siswa dapat memahami atau cepat pintar di fisika??sebab kan bu,kan ad yg siswa yg mengatakan,"ah fisika itu susah kali,rumusnya banyak,dan rumit"jadi,menurut ibu apa solusi biar bagi siswa itu pelajaran fisika tidak susah ataupun rumit?

    Terima kasih bu ������

    BalasHapus
  64. Nama: yessy praditha simangunsong
    Kelas: XI ipa 1
    Saya mau nanya buk, gimana sih menurut ibu kalo ada siswa yang tidak suka dengan fisika karna menurut dia fisika itu memerlukan nalar yang sangat tinggi sedangkan siswa tersebut tidak terlalu memiliki nalar yang tinggi buk ?

    Terima kasih bu...

    BalasHapus
  65. Nama: Andre Imanuel Sianturi
    Kelas: XI IPA 1

    buk kan ibu bilang kan contoh tegangan permukaan kan klip yang mengapung saya mau nanyak nih jadi bagaimana batu apung bisa mengapung di permukaan air sedangkan batu yang lain tidak?

    Satu lagi buk sama kayak yang tadi kenapa ada hewan bisa ngapun di atas permukaan air sedangkan hewan yang lain tidak bisa?

    Terimaksih bu..

    BalasHapus
  66. Nama : M.Raihan Muyassar
    Kelas : XI IPA 1
    Bu saya mau nanya, kenapa bagian depan pesawat bentuknya lancip? Dan kenapa saat pesawat melintasi awan terjadi goyangan di pesawatnya?

    Terima kasih bu...

    BalasHapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  68. Nama willy tandjaya
    Kelas 11 ipa 1
    Blognya sangat menarik dan bermanfaat bu serta juga ad contoh soal yang makin mudah dipahami dan latihan latihan buat melatih..
    Sebelumnya saya mw bertanya bu di tengangan permukaan kenapa permukaan zat cair akan membuat gaya tarik ke segala arah, kecuali ke atas.itu kenapa tidak keatas y bu?? terima kasih..

    BalasHapus
  69. M.thaariq
    XI ipa 1

    Bu saya mau nanya , bagaimana cara mengukur jarak planet lain dari bumi??

    Terima kasih...

    BalasHapus
  70. Nama :Nadira Wulan Ramadhini
    Kelas:XII Ipa 1

    Bu saya mau bertanya, pada hukum Archimedes apakah massa jenis suatu benda mempengaruhi benda tersebut dapat terapung atau tidak?

    BalasHapus
  71. terimakasih blognya sangat menarik dan sangat berguna sekali bgi yg ingin mempelajari ilmu fisika lbih dalam ditambah pemilik blognya yg sangat baik dan ramah
    btw,saya Michael Andrean dari kelas XII ipa 1 saya ingin bertanya:
    1. bagaimanakah cara agar kita dapat memahami pelajaran fisika dengan mudah, sehingga dapat mengerjakan soal fisika dengan baik dan benar?
    2. kita sering mendengar atau membicarakan tentang gravitasi, jadi cara kerja gaya gravitasi itu seperti apa?dan mengapa diluar angkasa itu gaya gravitasi itu sangat kecil?
    3. sering diberitahukan bahwa dalam kehidupan sehari hari ada beberapa hal yang ada kaitannya tentang pelajaran fisika, jadi bagaimana cara agar kita tahu bahwa kegiatan yang kita lakukan itu berkaitan atau tidak dengan pelajaran fisika?

    BalasHapus
  72. Malam bu, saya Vania Dinella Sitepu dari kelas XII IPA 1.
    Saya mau bertanya,
    1. Mengapa gravitasi di bumi berbeda dengan gravitasi di bulan?
    2. Apakah serangga dapat mengapung pada cairan yang memiliki massa jenis diatas atau dibawah air?

    BalasHapus
  73. Nama:Tesalora
    Kelas:XII IPA 1
    Bu saya mau bertanya, Suatu fluida mengalir pada pipa kemudian terjadi hambatan didalam pipa sehingga tekanan fluida tersebut berubah, mengapa hal itu dapat terjadi?

    BalasHapus